Rabu, 11 April 2012

Tips Cantik Masker Tomat

Tomat atau Solanum lycopersicum umumnya dikonsumsi di masyarakat sebagai saus, sambal, pelengkap masakan atau jus. Tomat yang kaya nutrisi ini memang sudah dikenal manfaatya untuk kecantikan dan kesehatan.
Kandungan dan Manfaat Buah Tomat:

Tomat mengandung lycopene yang tinggi. Lycopene ini bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit misalnya kanker dan penyakit jantung. Tomat mengandung zat gizi yang lengkap. Buah ini adalah sumber vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 20% untuk 100 gram tomat per hari. Selain itu, tomat juga merupakan sumber vitamin A yang baik karena 100 gram tomat dapat menyumbangkan sekitar 10-20 persen dari kebutuhan vitamin A sehari. Vitamin A sangat diperlukan bagi kesehatan organ penglihatan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan reproduksi. Bahkan Vitamin A dan C pada tomat juga berkhasiat sebagai antioksidan.

Sari buah tomat mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dari 100 gram jus tomat akan diperoleh kalsium 7 mg, fosfor 15 mg, zat besi 0,9 mg, natrium 230 mg, dan kalium 230 mg. Vitamin yang terdapat dalam 100 gram sari buah tomat adalah vitamin A (1.050 IU), vitamin B1 (0,05 mg), vitamin B2 (0,03 mg), dan vitamin C (16 mg).

Sementara untuk kecantikan kulit wajah, khasiat tomat adalah untuk mengatasi kulit berminyak, menyembuhkan jerawat, menghilangkan noda hitam, memperkecil pori-pori, menghilangkan komedo, dan menjaga elastisitas kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar